Like Us on Facebook

Follow Us on Twitter

Kontak Kami Dengan Email

 

OFFICIAL WEBSITE PROI S1 http://s1.stfb.ac.id/

Bidang farmasi  berada dalam lingkup dunia kesehatan yang berkaitan erat dengan produk dan pelayanan produk untuk kesehatan.

Farmasi adalah ilmu dan teknologi yang memanfaatkan senyawa kimia untuk digunakan terutama pada upaya pemulihan, pemeliharaan dan peningkatan kesehatan, serta pencegahan dan penyembuhan penyakit. Senyawa kimia tersebut diperoleh dari tumbuh-tumbuhan, hewan, mikroorganisme, mineral, dan hasil sintetis. Sebelum senyawa itu sampai ke tangan pemakai dan digunakan sebagai obat, kemujaraban dan keamanannya harus benar-benar diyakini. Senyawa kimiawi yang mampu memicu terjadinya aktifitas biologi di dalam organisme hidup itu dikenal sebagai senyawa aktif. Untuk menjamin hal ini senyawa tersebut harus menjalani suatu rangkaian uji mengenai khasiat, daya meracun, sifat kimia dan sifat fisiknya sehingga dapat ditentukan bentuk sediaan obat apa yang paling tepat untuk diproduksi secara besar-besaran, misalnya bentuk sediaan tablet, kapsul, sirop injeksi lain sebagainya. Senyawa aktif yang telah diizinkan pihak berwenang untuk digunakan pada manusia atau hewan dengan tujuan pencegahan, pengenalan, peredaan atau terapi suatu penyakit kemudian disebut sebagai senyawa obat. Pada produksi dan distribusinya, pada proses pembuatan obat itu selalu dilakukan pengawasan mutu untuk menjamin agar obat itu sampai kepada  pengguna (pasien) dengan mutu terjamin dan digunakan sesuai petunjuk.

Progam studi (prodi) S1 Farmasi merupakan salah satu dari 3 (tiga) prodi yang ada di lingkungan Sekolah Tinggi Farmasi Bandung. Sejak pertama didirikan tahun 1999 dengan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Prodi S1 Farmasi  kini telah mendapat SK Akreditasi BAN-PT: No. 018/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007 dengan status akreditasi B.

 

Berdasarkan komitmen yang tinggi terhadap penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi pada kualitas Program Studi S1 Farmasi menetapkan visi "Menjadi program studi farmasi yang unggul dan berdaya saing tinggi pada taraf nasional dan regional (Asia Tenggara)". Misi Prodi S1 Farmasi adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset, untuk kemajuan keilmuan farmasi di Indonesia.
  2. Memperluas wawasan keilmuan dalam bidang farmasi sehingga mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan    dan teknologi
  3. Membekali keahlian berbahasa inggris sebagai fasilitas penguasaan ilmu dan sarana komunikasi global.
  4. Memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang kapabilitas program studi.

Tujuan Pendidikan S1 Farmasi STFB adalah :

  1. Menghasilkan sarjana farmasi yang meguasai ilmu-ilmu di bidang farmasi sebagai dasar pembentukan daya nalar ilmiah yang dibutuhkan oleh dunia usaha/dunia industri
  2. Mencetak lulusan yang tanggap akan perkembangan dunia kefarmasian
  3. Memberikan kompetensi penguasaan berbahasa inggris agar lulusan dapat cepat beradaptasi dengan perkembangan di era globalisasi.

Seiring dengan perkembangan kefarmasian di Indonesia. Prod1 S1 Farmasi terus menyeleraskan diri dengan kebutuhan dan masukan dari stakeholders. Salah Satu aspek yang menjadi pijakan adalah regulasi di bidang kesehatan terutama yang berkaitan dengan bidang kefarmasian. Regulasi yang erat kaitannya dengan bidang kefarmasian antara lain adalah Peraturan Pemerintah RI nomor 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian.

Pekerjaan Kefarmasian adalah pembuatan termasuk pengendalian mutu Sediaan Farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusi atau penyaluranan obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional.

Lulusan S1 Farmasi STFB diharapkan mampu mengimplementasikan pelaksanaan Pekerjaan Kefarmasian meliputi:

  1. Pekerjaan Kefarmasian dalam Pengadaan Sediaan Farmasi;
  2. Pekerjaan Kefarmasian dalam Produksi Sediaan Farmasi;
  3. Pekerjaan Kefarmasian dalam Distribusi atau Penyaluran Sediaan Farmasi; dan
  4. Pekerjaan Kefarmasian dalam Pelayanan Sediaan Farmasi.

Lingkup bidang kerja lulusan prod1 S1 Farmasi dapat memasuki berbagai fasilitas pekerjaan farmasi yang meliputi:

  1.  Fasiltas Pengadaan
  • Instansi pemerintah/swasta
  • Institusi/perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan sediaan farmasi dan alat kesehatan

2. Fasilitas Produksi (Industri Farmasi)

Meliputi:

  • Industri Biomedis 
  • Industri Bahan baku 
  • Industri Formulasi obat
  • Industri Makanan dan Minuman
  • Industri Kosmetika
  • Industri Obat Tradisional
  • Industri Radiofarmasi

3. Fasilitas Distribusi 

  • Pedagang Besar Farmasi (PBF)/Subdistributor
  • Perusahaan Distribusi Sediaan Farmasi/Alat Kesehatan

4. Fasilitas Pelayanan

  • apotek,
  • Instalasi farmasi rumah sakit;
  • Puskesmas;
  • Klinik;
  • Toko Obat; atau
  • Praktek bersama.

Kini Alumni Lulusan prodi S1 Farmasi telah tersebar di berbagai fasilitas pekerjaan farmasi di Indonesia. Beberapa instansi/perusahaan tempat alumni berkiprah antara lain adalah :

Kategori Industri

n  PT. BIOFARMA

n  PT. MEPROFARM

n  PT. PYRIDAM

n  PT. RISTRA KOSMETIK

n  PT. ERRITA FARMA

n  PT. TRIFA

n  PT. LUCAS DJAYA

n  PT. HABBATUSSAUDA

n  PT. ASTRA ZENECA

n  PT. GRACIA PHARMINDO

n  PT.  OTTO PHARMACEUTICAL

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn
Go to top