Like Us on Facebook

Follow Us on Twitter

Kontak Kami Dengan Email

 

Capoeira STFB

CAPOEIRA

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Last Updated on Thursday, 09 May 2013 16:54

INFO PENTING

Kepada seluruh Mahasiswa baru TA 2018-2019 Program studi D3, S1 dan Profesi Apoteker Diharuskan hadir pada: Selasa, 14 Agsutsu 2018 Jam 08:00 - Selesai di Aula Sekolahtinggi Farmasi Bandung 

  1. PROFIL
  2. SEJARAH
  3. VIDEO

pharmacia

Capoeira merupakan suatu seni budaya yang mengespresikan kebudayaan brasil yang telah mengalami perkembangan dan perubahan. Didalam capoeira sendiri terdapat gerakan dimana didalamnya mengandung beberapa gerakan dan seni diantaranya menari (dancing), bela diri (martial art) dan divariasi dengan musik yang dikombinasi dan dipadukan sedemikian rupa sehingga menghasilkan paduan yang menarik dan tercipta harmoni.

Capoeira berasal dari brasil dimana asal mulanya dikembangkan oleh budak afrika untuk memperoleh kebebasan dari belenggu penjajahan portugis. Capoeira digunakan oleh para budak untuk membela diri dan bertahan hidup. Karena pada waktu itu segala bentuk bela diri dilarang maka utuk mengelabuhi para penjajah budak afrika mengkombinasikan dengan tarian dan musik.

Orang yang berjasa dalam perkembangan capoeira adalah Mestre BIMBA dan Meste PASTINHA. Keduannya mengembangkan capoeira hingga saat ini sehingga sekarang menyebar di seluruh dunia dan digunakan sebagai seni bela diri bahkan untuk kebutuhan perkembangan sejarah dan seni.

Dalam capoeira terdapat beberapa istilah diantaranya CAPOERISTAS (orang yang mempelajari capoeira), JOGADOR (orang yang berada dalam hoda dan berjogo), HODA (lingkaran kecil dan sedang yang digunakan untuk berjogo/bermain capoeira), JOGO (permainan dalam capoeira), SEQUENCE (gerakan atau jurus dalam capoeira).

Sedangkan dari alat musik sendiri terdapat BERIMBAU (mirip busur panah di tambah dengan tabung bulat dari buah labu sebagai sumber resonansi), ATTABAQUE (kendang atau djembe), PANDERO ( tamborin) dan AGOGO.musik tersebut dimainkan untuk mengiringi jogador dalam bermain capoeira, ritme yang ada dalam capoeira yaitu:

1.      ANGOLA (permainan pelan dengan ritme pelan, permainan ini didominasi permainan bawah 70% dan 30% permainan atas dengan gaya permainan matrix atau diperlambat.

2.      BANGEULA (permainan ritmenya diatas angola dengan gaya permainan 60% diatas dan 40% dibawah dengan ritme agak cepat diatas angola)

3.      REGIONAL (permainan cepat dengan permainan di dominasi dengan 80% atas tendangan dan lompatan dengan ritme cepat serta control yang sangat di perhatikan)

4.      IUNA (permainan yang keseluruhan didominasi gerakan extreme dan acrobatic yang dilakukan dengan teknik yang bagus sehingga didapat gerakan yang menarik dan indah)

5.      MAKULELE (permainan capoeira yang dikombinasi dengan tari menggunakan tongkat dan dilakukan dengan ritme yang kompak yang dijaman dahulu digunakan sebagai pesta dalam panen tebu dan tanaman)

6.      SAMBA (merupakan pelengkap dalam permainan capoeira, gerakan samba yang ritmik dan dinamis).

Sedangkan dari segi gerakan ada beberapa istilah diantaranya : Ginga (kuda-kuda), esquiva (menghindar), difence (serang), au (meroda), bananeura (handstand), ole(gerakan pindah), tendangan tendangan dan banyak lagi hal lain.

Untuk teeman-teman yang berminat dan ingin bergabung dalam capoeira tidak usah khawatir, karena untuk pemula ada tahapan-tahapan yang perlu dipelajari dan ada tingkatan tingkatan, jadi sudah ada pola pembelajaran yang tepat dan terperinci. Capoeira bisa diikuti oleh berbagai macam kalangan dari anak-anak, pria-wanita, bahkan orang tua sekalipun.

            \\Oke Gosepa - Capoeira

Sejarah Capoeira Senzala Indonesia Inst.
Madeira Region Pharmacia SOETA

                Region Pharmacia Berdiri dalam bentuk komunitas pada hari senin tanggal 24 Mei 2010 di Kampus STFB. Berawal dari “performance Capoeira” seorang anggota Senzala Indonesia pada seminar Mahasiswa PSPA-STFB bertempat di Aula STFB yang seterusnya di tangggapi oleh salah satu mahasiswa Apoteker untuk sebaiknya di apresiasikan dalam bentuk UKM yang saat itu masih berupa komunitas Capoeira Pharmacia Bandung. Berandalkan latihan capoeira di gedung Gelanggang Generasi Muda Jln. Merdeka, 2 orang mahasiswa STFB didukung anggota dari GGM itu sendiri mulai membuat komunitas dan berlatih di Kampus STFB. Komunitas ini diterima baik oleh mahasiswa lain, sehingga mulailah terbentuk anggota komunitas Capoeira Pharmacia Bandung yang berdirikan atas 6 orang. Materi latihan didapatkan dari beberapa video dan materi langsung dari GGM yang kemudian antar anggota saling diskusi mengenai gerakan – gerakan capoeira.

Keberadaan komunitas ini mulai di perhatikan dan diminati oleh mahasiswa lainnya sehingga sebagai solusinya komunitas membuka perekrutan anggota pada acara orientasi mahasiswa (P2SP) tahun 2011. Di tahun 2011 komunitas Capoeira Pharmacia Bandung beranggotakan 55 orang dengan berbagai latar belakang jurusan dan instansi yang berbeda (Farmasi, Stikes, Kebidanan, Anestesi, UIN, UNPAD dan SMA-SMP/Umum). Menanggapi permasalahan yang terus terjadi seiring perkembangan anggota, komunitas mulai membentuk kepengurusan.

Lambat laun ‘performance’ komunitas mulai dikenal banyak kalangan sehingga permintaan perform untuk berbagai acara kampus berdatangan. Atas berbagai pertimbangan para pengurus demi perkembangan komunitas, Capoeira Pharmacia Bandung mengajukan diri sebagai region (bagian) dari Capoeira Senzala Indonesia. Kepastian dari pusat Senzala Indonesia hingga akhir tahun 2011 belum juga jelas, namun setelah melewati berbagai masalah baik internal seperti fluktuasi perkembangan anggota hingga permasalahan kewenagan kepengurusan yang tidak jelas maupun eksternal seperti tanggapan – tanggapan negatif dari beberapa UKM kampus atau dari pusat kepengurusan Senzala Indonesia, komunitas mampu bertahan, hingga pada akhirnya Instrukstur pusat (Madeira) menimbang kembali keputusan berdirinya region Capoeira di kampus STFB dan dibantu oleh anggota dari GGM (sebagai pelatih komunitas pada saat itu) pada bulan September 2011 komunitas Capoeira Pharmacia Bandung sah sebagai Capoeira Senzala Indonesia Inst. Madeira Region Pharmacia SOETA dengan datangnya Asisten Instruktur resmi yaitu Allan ‘Frankestein’ sebagai jawaban dan tanggapan dari Instuktur Madeira.

\\Andri Djarot - Capoeira

 

 

.

 
Go to top www.malasngoding.com