Like Us on Facebook

Follow Us on Twitter

Kontak Kami Dengan Email

 

STFB RAIH 2 GELAR JUARA DI INTERNATIONAL PHARMACEUTICAL WEEK 2018


Dengan salah satu misi yaitu mampu bersaing di Regional (Asia Pasifik), pada tanggal 11 Januari – 13 Januari 2018 lalu Sekolah Tinggi Farmasi Bandung (STFB) mendelegasikan mahasiswa-mahasiswi terpilih untuk mengikuti International Pharmaceutical Week (IPW) 2018 yang dilaksanakan untuk kedua kalinya, IPW pertama dilaksanakan tahun 2016 di Bali dan tuan rumah Universitas Udayana sedangkan untuk tahun ini dilaksanakan di Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta. Dua orang delegasi yang diikutsertakan yaitu Mahaesa Akbar (2014) dan Niki Aulia Apriliani (2015) untuk mengikuti serangkaian acara Symposium, Workshop & Competition di  IPW 2018.

Rangkaian kegiatan yang pertama kali dilaksanakan adalah kompetisi yang terdiri dari empat jenis yaitu: Patient Counseling Competition (PCC), Poster Competition (PC), Online Clinical Skill Examination (OCSE) dan Debate Competition (DC). Delegasi dari STFB mengikuti dua jenis kompetisi yaitu PCC dan PC. Kompetisi dilaksanakan di lantai tujuh (discussion floor) IMERI FKUI Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat. Berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 11 Januari dan 12 Januari 2018, dengan hari pertama beragendakan technical meeting dan hari kedua merupakan hari kompetisi. Dan hari ketiga merupakan symposium dan workshop. Acara diikuti peserta dari berbagai negara, diantaranya Malaysia, Korea dan Lebanon.

Pada hari ketiga IPW 2018 tepatnya tanggal 13 Januari 2018, dilaksanakan symposium dan workshop di lantai 3 (auditorium floor) IMERI FKUI. Dengan dua jenis symposium yaitu clinical dan industrial symposium.  Dengan materi clinical symposium sebagai berikut, materi pertama: Antibiotic Stewardship Program in Hospital Setting and Multidisciplinary Program (Mariyatul Qibtiyah, S.Si, S.FRS, Apt.), materi kedua : Application of Natural Killer Cells for Cancer Treatment (DR. dr. Cosphiadi Irawan, SpPD.,KHOM), materi ketiga: Pharmacist Specialization-An Advancement Towards Better Pharmacy Practices (Prof. Dr. Syed Azhar Syed Sulaiman, B.Pharm., PharmD). Sedangkan pada industrial symposium sebagai berikut, materi pertama: Recombinat DNA for Migrain (RnD PT. Novartis), materi kedua: Recombinant DNA Tech. As Potential Novel Cancer Treatment (Dr. Normala Abdul Latip), An Advantage of Genetic Profiling to Research Effective and Efficient Pharmacotherapy (Ahmad Ruslan Handoyo Utomo, PhD).

Berikutnya dilaksanakan workshop paralel dengan tiga tema berbeda, yaitu sebagai berikut: Workshop 1: Off Label Drugs Use Regulation and Their Application in Clinical Practice (Dra. Yulia Trisna, Apt., M.Pharm) , workshop 2: UPDATE PERKA BPOM about Drug Registration in Indonesia (Dra. Nurma Hayati, Apt., M.Epid), workshop 3: Feasibility Study of Pharmaceutical Business Development Pathway in Indonesia (Audrey Clarissa, S.Si., Apt). Setelah workshop dan symposium berakhir, dilaksanakan gala diner  di hotel MAXONE Kramat, Jakarta Pusat. Pada acara penutup ini, diumumkan para pemenang dari kompetisi yang dilaksanakan di hari sebelumnya. STFB berhasil meraih juara 3 lomba poster(PC) atas nama  Mahaesa Akbar dan Niki Aulia, juga juara 3 lomba konseling pasien (PCC) atas nama Niki Aulia. Diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta yang bergabung di gala dinner beserta panitia. Bagi yang mengikuti post-symposium tour  maka melanjutkan perjalanannya ke pulau Bangka-Belitung terhitung tanggal 14 – 16 Januari 2018.

Seribu langkah menuju puncak berawal dari sebuah langkah, mari bersama melangkah menuju puncak dengan Sekolah Tinggi Farmasi Bandung dan wujudkan mimpi kita bersama!

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Last Updated on Wednesday, 31 January 2018 15:26

INFO PENTING

Kepada seluruh Mahasiswa baru TA 2018-2019 Program studi D3, S1 dan Profesi Apoteker Diharuskan hadir pada: Selasa, 14 Agsutsu 2018 Jam 08:00 - Selesai di Aula Sekolahtinggi Farmasi Bandung 

Go to top www.malasngoding.com