Like Us on Facebook

Follow Us on Twitter

Kontak Kami Dengan Email

 

Sekolah Legislatif

Pada tanggal 24 – 25 Februari 2018 telah dilaksanakan acara Sekolah Legislatif (SL) 2018 Badan Perwakilan Mahasiswa Sekolah Tinggi Farmasi Bandung di Ruangan RF101 (hari pertama) dan 101 (hari kedua). Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara seleksi bagi anggota BPM dan merupakan pembekalan bagi para calon untuk mengenal BPM, keorganisasian, dan kelegislatifan. Yang berpartisipasi dalam acara tersebut antara lain calon anggota BPM STFB periode 2018/2019 serta mengundang BPM STIKes, BEM STFB, dan kampus BSI.

Terdapat 4 materi dalam acara Sekolah Legislatif antara lain Keorganisasian STFB (ORMAWA STFB), dengan pemateri Kang Erik (Demisioner Ketua Komisi 3 BPM STFB), beliau mamaparkan bahwa organisasi merupakan garda terdepan dalam melatih softskill sehingga LK STFB mewadahi minat dan bakat mahasiswa. Hal ini tercantum dalam pedoman ormawa dimana terdiri dari LK, UKM, Komunitas dan semi otonom. Maka dari itu penting Lembaga Kemahasiswaan (LK) menjaga marwah dan aspirasi dari setiap ORMAWA di STFB.

Kelegislatifan tingkat kampus, dengan pemateri Kang Adit (Ketua BPM STFB periode 2017/2018), Kang Rizal (Demisioner BEM STFB periode 2013/2014), kang adit dari kelegislatifan memaparkan bahwa BPM merupakan salah satu organisasi LK STFB sejajar dengan BEM dan saling berkoordinasi. Perlu disadari bahwa apabila salah satu lembaga mengalami kemunduran, maka nama LK pun akan tidak ada harganya. Oleh karena itu, BPM dan BEM harus menyadari hak dan kewajibannya masing masing serta Peraturan yang mengikat kedua belah pihak.

Dalam hal ini dari Komisi 1 Pengawasan BEM STFB melaksanakan 2 fungsi yakni pengawasan dan audit keuangan BEM STFB, dalam menjalankan program kerjanya Komisi 1 ini selalu melakukan suatu kesepakatan di rapat koordinasi 1 untuk menyepakati SOP pengawasan BEM STFB.Kang rizal dari keeksekutifan memaparkan batasan batasan dan fungsi BPM sebagai yang menjalankan fungsi pengawasan terhadap BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Beliau mengatakan “dalam mengawasi eksekutif dari pihak BPM haruslah masuk kedunianya BEM begitupun sebaliknya”.

Talk about BPM mengenai isu aspirasi, dengan pemateri Kang Ade (Wakil Ketua BPM STFB periode 2017/2018) dalam materi ini dilaksanakan dengan metode FGD (Focus Group Discussion) dimana beliau membahas isu aspirasi terhangat tahun ini di YAGK yakni portal yang parkir berbayar dengan sistem 1000/mahasiswa untuk motor dan 3000/mahasiswa untuk mobil. Tak sedikit dari peserta SL yang memberikan pendapat dan pandangannya mengenai isu ini.

Motivasi berprestasi dalam berorganisasi, dengan pemateri Kang Kersa (Demisioner Ketua Komisi II BPM IKOPIN periode 2015/2016), selain demisioner BPM IKOPIN beliau merupakan demisioner FL2MI (Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia). Beliau memaparkan bagaimana mahasiswa seharusnya ,apakah hanya aktif di akademik saja mengandalkan IPK tinggi untuk kerja atau hanya aktif di organisasi saja mengasah softskil dan mencari pengalaman sedangkan akademik terbengkalai.

Akademik vs Organisasi polemik yang menjadi kegalauan para mahasiswa baru terutama, namun disini menurut beliau seimbangkanlah 2 hal ini karena 2 hal ini merupakan bekal untuk memasuki dunia pekerjaan. IPK haruslah oke mengapa? Karena dengan IPK yang bagus dapat mengantarkan kita hingga ke tahap wawancara namun setelah tahap ini apakah yang diperlukan? Pastilah softskill keahlian kita yang diperlukan, maka dari itu kita jalankan optimalkan keduanya.


Setelah diselenggarakannya acara “Sekolah Legislatif” ini diharapkan melahirkan kader-kader yang terdidik dan terlatih serta memiliki integritas kepribadian yang utuh dalam segala hal. Sehingga siap mengemban amanah dalam kehidupan berorganisasi. Memiliki wawasan dan pengetahun mengenai kelegislatifan, keorganisasian STFB, mengenal BPM STFB itu sendiri. Serta termotivasi untuk menjadi seorang mahasiswa yang bukan hanya sebatas mahasiswa biasa dengan prestasi akademik berIPK tinggi, namun berprestasi di non akademik atau keorganisasian pula. “Organisasi Oke Prestasi Oke”

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Last Updated on Wednesday, 07 March 2018 11:42

INFO PENTING

Kepada seluruh Mahasiswa baru TA 2018-2019 Program studi D3, S1 dan Profesi Apoteker Diharuskan hadir pada: Selasa, 14 Agsutsu 2018 Jam 08:00 - Selesai di Aula Sekolahtinggi Farmasi Bandung 

Go to top www.malasngoding.com