Like Us on Facebook

Follow Us on Twitter

Kontak Kami Dengan Email

 

Sambutan Ketua Pelantikan Apoteker 28 Maret 2018

SAMBUTAN KETUA
SEKOLAH TINGGI FARMASI BANDUNG

Pada Acara Pelantikan Profesi apoteker

Tanggal 21 Maret 2018

Yang kami hormati,

Koordinator Kopertis Wilayah IV,

Ketua Yayasan Adhi Guna Kencana Bandung

Ketua KFN

Ketua PP IAI

Ketua PD IAI Jawa Barat

Kepala Dinkes Provinsi Jawa Barat

Kepala Dinkes kota Bandung

Kepala Dinkes Kab. Bandung

Ketua Senat STFB beserta anggota

Para pimpinan instansi tempat praktek profesi apoteker

Para calon apoteker beserta keluarga yang berbahagia;

Para mahasiswa dan alumni STFB yang dibanggakan, serta hadirin undangan yang kami muliakan.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulilahil-ladzi fad-dholla baniy aadama bil ‘ilmi wal a’mal, wassholaatu wassalaamu ‘ala nabiyyinaa Muhammadin, wa’ala aalihi washokhbihi wat-tabi’iina lahum bi-ikhsaani ila aakhiril-ayyam. Amma ba’du.

Segala puji hanya milik alloh yang maha tinggi yang meninggikan derajat insani dengan limu dan budi pekerti. Solawat beserta salam semoga tercurahkan kepada junjunan kita nabi muhamad saw Dan mudah2 kita diberi safaatnya di yaumul khiamat. Aamiin

Rekan sejawat, Apoteker STFB yang berbahagia….

Hari ini merupakan hari yang berbahagia karena saudara dilantik sebagai apoteker setelah mengikuti sistem pembelajaran yang diterapkan sangat ketat di Program pendidikan apoteker di STFB dan lulus uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI). Apabila telah lulus dari UKAI ini maka Apoteker tersebut dapat dikatakan sudah layak untuk terjun ke masyarakat menjalankan praktek kefarmasian disemua sarana pelayanan kesehatan. Apoteker yang profesional dan kompeten harus menguasai pengetahuan dan skill mendasar dari semua bidang kefarmasian, semua ini dilakukan untuk mewujudkan cita-cita bersama kita menuju “Terwujudnya Profesi Apoteker yang paripurna, sehingga mampu mewujudkan kualitas hidup sehat bagi setiap manusia”.

hadirin yang kami muliakan,   

Alhamdulilah STFB terus berbenah diri dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi. Kami berkomitmen dan didukung oleh yayasan untuk melaksanakan proses pendidikan tinggi dibidang farmasi yang dapat diterima oleh stakeholders sesuai peraturan dan persyaratan yang berlaku, konsisten terhadap mutu dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta melakukan peningkatan berkelanjutan. Maka untuk berkomitmen terkait mutu kami telah terstandarisasi ISO 9001:2015.

hadirin yang berbahagia.....

DI dalam peningkatan mutu STFB melakukan berbagai program kegiatan. Terutamaprogram peningkatan kompetesi staf pengajar, salah satunya seminggu yang lalu kita mengadakan pelatihan penguji OSCE untuk menstandarkan secara nasional bagaimana proses penilaian OSCE karena tahun 2019 kelulusan apoteker tidak hanya CBT tetapi ditambah dengan ujian keterampilan (OSCE). Jadi penguji harus mempunyai lisensi yaitu sertifikat sebagai penguji OSCE. Saat ini dosen tetap akan terus dipacu untuk melanjutkan pendidikan S-3, selain dituntut untuk meningkatkan kualitas, setiap dosen juga wajib mempunyai jabatan fungsional akademik dan mengikuti sertifikasi dosen.

hadirin yang kami muliakan,

Kami juga aktif diorganisasi Aptisi Jawa Barat (terutama HPT-Kes), Asosiasi Perguruan tinggi farmasi Indonesia (APTFI), Asosiasi Pendidikan diploma farmasi Indonesia (APDFI) dan Aktif di IAI serta selalu ikut berkontribusi didalam program UKOM dan UKAI.

hadirin yang berbahagia.....

STFB mempunyai visi menjadi Perguruan Tinggi Mandiri, Unggul, dan berdaya saing di bidang farmasi pada tingkat Asean tahun 2030.

Untuk mewujudkan Visi tersubut didukung oleh Misi STFB yaitu :

$1a.   Membangun dan mengembangkan mutu pendidikan farmasi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi

$1b.   Mengembangkan kelembagaan dalam rangka mewujudkan perguruan tinggi yang mandiri.

$1c.    Memelihara sistem manajemen mutu hingga mencapai standar internasional (continous improvement)

$1d.   Meningkatkan kapasitas institusi dan kapasitas SDM yang kreatif dan inovatif

$1e.   Membangun entrepreneurial university dengan menerapkan strategic enterpreneuship.

Rekan sejawat, Alumni yang kami banggakan...

SINERGI Kampus dan Alumni hari ini, mutlak harus diwujudkan, Itu harga mati. Di tengah kompetisi dan dinamika peradaban yang kian sengit, sinergi kampus dan alumni menjadi eleman penting. Jadi, MEMULAI membangun SINERGI antara kampus dan alumni untuk sama2 mengembangkan Ibu kandung kita yang telah melahirkan Diploma farmasi, sarjana farmasi dan profesi apoteker.

Mengapa Ikatan Alumni penting ? Ayo kita pikirkan dan renungkan ! Kampus mana yang punya “nama besar” di situ pasti Ikatan Alumninya kuat. Kampus mana yang “mentereng”, karena di situ ada kumpulan alumni yang berprestasi dan berkualitas. Kampus mana yang dulunya “jelek” sekarang “bagus” karena alumninya ikut terlibat dalam “membesarkan” kampusnya sendiri. Bagaimana dengan kampus kita ?

Setidaknya ada 4 alasan yang mendasari pentingnya IKATAN ALUMNI bagis suatu kampus atau Perguruan Tinggi:

1.Alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan almamater.

2.Alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi “nama baik” (citra) kampus.

3.Alumni sebagai produk almamater dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan kampus dengan insitusi di luar kampus.

4.Alumni dapat menjadi sumber infformasi dunia kerja & usaha bagi lulusan baru suatu kampus, di samping menjadi inspirasi bagi mahasiswa di kampus.

Rekan sejawat, Alumni yang kami banggakan...

Dipenutup sambutan ini saya ingin bercerita mengenai cerita Nabi sulaiman. beliau diberi pilihan oleh Alloh SWT

$11.   Ilmu

$12.   Kekuasaan

$13.   Harta

Nabi sulaiman memilih ilmu.... kenapa? satu rahasia besar bagi kita pelajar. Dengan ilmu nabi sulaiaman bisa mendapatkan harta dan kekuasaan. Pentingnya ilmu kita dapat bahagia di dunia dan bahagia akhirat. Seperti juga yang disampaikan Rosul kita Nabi muhamad SAW, tokoh yang dibanggakan umatnya. Barang siapa ingin bahagia didunia dengan ilmu, Bahagia di akhirat dengan ilmu dan Ingin keduanya dengan ilmu.

Apoteker STFB yang saya cintai....terus belajar, walaupun sudah lulus tetap belajar mengupdate ilmu kefarmasian dengan pendidikan berkelanjutan baik mengikuti seminar, workshop maupun kegiatan2 lain.

Apoteker STFB, Hadirin yang berbahagia....

Kami ucapan selamat kepada orang tua dan keluarga saudara. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Alloh SWT, senantiasa melindungi kita semua.

Akhir kalam, mohon maaf atas segala kekurangan, terima kasih atas segala perhatian, wabillaahittaufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Bandung, 21 Maret 2018

Ketua STFB

(Dr. Entris Sutrisno, S.Farm.,MH.Kes.,Apt.)

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Last Updated on Thursday, 29 March 2018 03:21

Go to top www.malasngoding.com